News & Promo

Sebagian Terpaksa Bepergian di Tengah Pandemi Corona, Perhatikan hal-hal Berikut ini

Sebagian Terpaksa Bepergian di Tengah Pandemi Corona, Perhatikan hal-hal Berikut ini

Pandemi Virus (covid-19) Corona terus menyebar dengan cepatnya di seluruh penjuru dunia. Bahkan di Indonesia, Jumlah yang terpapar virus corona terus bertambah. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah mendeklarasikan wabah virus corona dengan status darurat dan menjadi perhatian dunia.

Pada dasarnya virus seperti corona ditularkan dari droplet seperti air liur saat orang batuk dan bersin dengan jarak sekitar 2 meter. Meski sudah ada instruksi untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dengan cara meliburkan kegiatan sekolah, perkuliahan dilakukan dengan cara online, dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH), namun ternyata masih banyak warga melakukan aktivitas diluar. Hal tersebut bisa jadi karena kebutuhan akan sebuah hal atau keperluan yang harus dilakukan di tempat lain sehingga memerlukan mobilitas diluar rumah.

Secara umum, virus corona (Covid-19) ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu seperti hidung berair, sakit kepala, batuk, demam dan nyeri tenggorokan. Atau gejala penyakit infeksi pernafasan berat, seperti batuk berdahak hingga berdarah, demam tinggi, nyeri dada hingga sesak nafas. Gejala atas virus tersebut akan muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah terpapar.

Penyebaran virus ini memiliki banyak cara, salah satunya adalah ketika menggunakan transportasi mobil. Terlebih lagi jika saat ini Anda sedang melakukan perjalanan jauh,. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diterapkan agar mencegah penyebaran virus tersebut, terlebih jika memutuskan untuk bepergian dengan sewa mobil atau rental mobil. Hal-hal berikut ini sepertinya menjadi sangat penting untuk diperhatikan, saat anda terpaksa harus bepergian di tengah kondisi pandemic corona saat ini.

1. Menjaga Kebersihan Tangan
Antisipasi penyebaran virus corona saat melakukan perjalanan menggunakan mobil pertama adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Tidak bisa dipungkiri bahwa penularan virus corona bisa melalui kontak personal. Media yang paling sering menjadi perantara penyebaran virus ini tidak lain adalah tangan. Tangan rentan menjadi sarana penularan virus, saat bersentuhan dengan tangan antara manusia lainnya, menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus corona kemudian tangan Anda menyentuh mulut, hidung, atau mata bisa menyebabkan Anda tertular.

World Health Organization (WHO) menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci pakai sabun. Pasalnya air dan sabun dapat membunuh virus yang sedang bersarang di tangan. Juga himbauan untuk menghindari memegang area wajah karena virus ditularkan lewat cairan tubuh (droplets). Bila terkontaminasi dan menyentuh area seperti hidung, mata, atau mulut, dikhawatirkan tertular.

2. Siapkan Peralatan Kebersihan
Selain dengan menjaga kondisi tangan tetap bersih saat sebelum dan sesudah mengendarai mobil, Anda juga perlu untuk menyiapkan peralatan kebersihan misalkan seperti cairan antiseptic atau hand sanitizer. Senjata yang satu ini sangat praktis, bisa Anda gunakan kapan saja bahkan saat di dalam kabin sekalipun.

Anda bisa menyimpan Hand sanitizer atau antiseptic tersebut di laci dashboard, kompartemen belakang bangku depan, atau di dalam tas saat bepergian. Gunakan peralatan tersebut sebelum menyentuh area wajah, sebelum makan atau setelah tangan Anda menyentuh benda asing.

Peralatan penting lainnya adalah tisu dan wadah sampah tertutup. Siapkan di tempat yang mudah dijangkau. Ini merupakan anjuran dari WHO untuk selalu melakukan respiratory hygiene. Bila terasa akan batuk atau bersin segeralah tutup dengan tisu kemudian buang ke tempat sampah. Semua penumpang dalam kabin jelas tidak ada yang mau tertular bukan?

Baca Juga : Rental Mobil & Sewa Mobil: 4 Jenis Layanan Sewa Mobil Indonesia

3. Anjuran Bersin dalam Kabin
Hal yang satu ini juga penting untuk Anda perhatikan saat berada dalam kabin yakni memperhatikan bagaimana Anda bersin. Bila ternyata saat di dalam kabin Anda tidak memungkinkan untuk menggunakan tisu, opsi lainnya adalah dengan menutupi bersin atau batuk dengan bagian dalam siku.

Hal ini juga menjadi rekomendasi dari WHO. Saat bersin jangan menggunakan telapak tangan. Karena dengan menggunakan siku dalam dapat meminimalisir transfer virus melalui sentuhan permukaan di dalam kabin. Misal sehabis bersin dan menutup dengan tangan lalu menyentuh tuas laci dasbor, penumpang lain bisa saja memegang tuas yang sama sehingga mengakibatkan penularan.

Saat batuk atau bersin disarankan juga untuk menghadapkan badan dan wajah menuju ke arah luar jendela. Perhatikan juga saat batuk atau bersin tidak ada orang didepan Anda. Minimal dengan jarak satu meter dengan siapapun. Hal tersebut juga akan memberikan sirkulasi udara dalam kabin berganti dengan udara baru dari luar.

4. Menjaga Kualitas Udara
Antisipasi penyebaran virus corona lainnya yang dapat untuk Anda lakukan adalah dengan mengganti filter AC secara berkala. Filter AC ini berfungsi untuk menyaring udara masuk dari luar. Tentu setelah sekian lama menyaring udara kotor dari luar kemungkinan kesegaran kabin bisa berkurang. Meski tidak menjamin partikel virus corona turut tersaring, namun setidaknya apa usaha untuk tetap menjaga kebersihan udara di dalam kabin.

5. Memastikan Perusahaan Rental Mobil Menjaga Kebersihan Mobil
Saat kondisi seperti ini, memilih perusahaan rental mobil terpercaya bukan hanya dari pelayanan dan kondisi kendaraan saja, namun juga kebersihan mobil yang akan digunakan menjadi hal yang utama. Jika Anda memang harus terpaksa bepergian keluar rumah, atau terpaksa melakukan perjalanan jarak jauh karena suatu hal, pastikan perusahaan rental mobil yang akan anda gunakan menjaga kebersihan mobil tersebut, seperti penyemprotan desinfectan di seluruh body. Interior mobil dan mobil tersebut harus benar-benar steril dari kuman atau resiko virus.

Sebagai perusahaan jasa rental mobil / sewa mobil yang terpercaya, serta tersebar di 45 kota besar di Indonesia, ASSA Rent juga telah menjalankan sejumlah protocol kesehatan demi menjaga keamanan serta mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19 antara lain :

  • Menjaga kebersihan setiap unit kendaraan yang digunakan dengan cairan desinfektan
  • Setiap pengemudi diberikan alat perlindungan diri (APD) berupa masker dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer).

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dan ragu memilih ASSA rent sebagai solusi transportasi yang aman dan terpercaya jika memang terpaksa harus bepergian atau harus keluar rumah. Sementara untuk mendapatkan layanan dari ASSA Rent juga cukup mudah, Silahkan hubungi solution center ASSA Rent di nomor 1500-369, atau isi form kebutuhan sewa dalam website ini (klik tombol sewa sekarang atau https://www.assarent.co.id/rent), dan marketing ASSA Rent akan menghubungi Anda kembali.