News & Promo

Tata Cara Menyewa Mobil dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Tata Cara Menyewa Mobil dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Siapa yang tak semangat kalau sudah berbicara soal liburan?, walaupun kondisi sedang tidak memungkinkan untuk bepergian keluar rumah karena pendemi Covid-19 Corona, tapi tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan kegiatan menarik apa yang dapat dilakukan setelah pandemic corona ini berakhir. Saat mulai menrencakan liburan beragam kebutuhan pun mulai dipersiapkan mulai dari baju, uang saku, hingga akomodasi. Begitu pun masalah kendaraan yang akan digunakan.

Jika tidak ingin repot dengan harus mengemudi kendaraan sendiri, rental mobil merupakan suatu jalan alternatif yang bisa anda gunakan jika anda ingin bepergian. Walaupun anda tidak memiliki  mobil, anda akan tetap bisa menuju tempat-tempat yang bagus bersama keluarga atau menyelesaikan urusan pekerjaan.

Untuk penggunaan jasa rental mobil terdapat dua pilihan yaitu menggunakan sopir atau tidak yang sering disebut dengan lepas kunci. Jika anda menggunakan jasa sopir maka anda kan dikenakan biaya tambahan oleh pihak rental mobil. Akan tetapi pilihan menggunakan jasa tambahan sopir akan memberikan keuntungan tersendiri bagi anda. Manfaat jika anda menggunakan jasa sopir diantaranya; anda tidak perlu lelah untuk mengemudi, anda dapat beristirahat, anda dapat menikmati perjalanan dan memanfaatkan waktu luang dengan keluarga. Selain itu dengan adanya sopir bisa jadi akan mempercepat perjalanan anda. Karena pada umumnya supir akan mengetahui jalur alternatiif untuk menuju suatu tempat.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai acuan ketika akan menyewa mobil.

  • Ketahui Kebutuhan Anda. Kebutuhan yang dimaksud ialah mengetahui tujuan dari sewa mobil, kemana akan digunakan, hal ini dilakukan agar anda mudah memilih mobil yang akan digunakan.
  • Pilih Mobil Yang Sesuai. Setelah mengetahui kebutuhan yang anda perlukan seperti muatan mobil, tujuan, maka barulah pilih mobil yang akan digunakan.
  • Tanyakan Tarif Sewa. Setelah mobil dipilih, tanyakan biaya sewa serta lakukan konsultasi.
  • Tanyakan syarat dan ketentuan untuk proses rental mobil
  • Tanyakan kondisi mobil yang akan digunakan, baik keadaan mesin atau lainnya. Agar nantinya perjalanan terasa aman.
  • Tanyakan kepada pihak rental mobil, apakah mereka menyediakan layanan asuransi atau tidak.
  • Sebelum menggunakan mobil pastikan anda harus memakai sopir atau tidak.

Baca Juga : Mengapa Bisnis Rental Mobil Semakin Menjamur

Sebelum Anda menyewa mobil penting untuk memahami aturan sewa mobil agar tidak terjadi hal yang kurang menyenangkan di kemudian hari. Berikut ini merupakan aturan sewa mobil yang umumnya yang berlaku untuk tempat penyewaan mobil :

  • Bagi penyewa lepas kunci wajib memiliki SIM sesuai dengan mobil yang disewa
  • Memiliki KTP yang akan disimpan oleh pemiliki sewa selama masa penyewaan
  • Ada nya ketentuan denda sewa jika melebihi batas waktu sewa
  • Adanya fasilitas pengantaran mobil dan pickup mobil pada daerah-daerah tertentu
  • Adanya aturan wilayah pemakaian kendaraan sesuai perjanjian
  • Pihak sewa mobil berhak menolak pelanggan sesuai kriteria pelanggan
  • Adanya aturan tentang denda asuransi mobil jika terjadi kerusakan ringan atau kerusakan berat
  • Tidak diperkenankan untuk digunakan balapan tidak resmi
  • Durasi penyewaan dianggap digunakan secara full dan tidak bisa dipotong untuk digunakan di lain waktu
  • Jika dengan sopir Harga sewa tidak termasuk dengan harga Bahan Bakar, namun biasanya ada juga paket sewa dengan sopir dan BBM
  • Kecelakaan yang disebabkan sopir perusahaan sewa akan ditanggung perusahaan sewa
  • Pembatalan sewa biasanya akan dikenakan denda sesuai dengan aturan masing-masing perusahaan sewa

Ketika memilih rental mobil memang cukup membingungkan dan terkadang banyak jebakan. Untuk itu, banyak-banyaklah mencari info tentang jasa sewa mobil yang terpercaya kualitas layanannya agar Anda tak kecewa.
Ada baiknya juga untuk meminta referensi dari sahabat dekat atau anggota keluarga lain yang pernah menggunakan jasa rental mobil. Maka jadilah lebih cerdas dan teliti ketika memilih rental mobil, karena dapat menyelamatkan Anda dari hal-hal tidak terduga.

Untuk yang satu ini sebenarnya Anda tidak perlu bingung mencari rental mobil berkualitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut, untuk rental mobil Jakarta, rental mobil Bandung, rental mobil Yogyakarta / Jogja, rental mobil Surabaya, rental mobil Surabaya dan kota-kota besar tujuan wisata di Indonesia, percayakan pada ASSA Rent, dengan layanan yang sudah teruji dan unit kendaraan yang berkualitas, ASSA Rent juga telah hadir di 45 kota besar di Indonesia. Silahkan hubungi solution center ASSA Rent di nomor 1500-369, atau isi form kebutuhan sewa dalam website ini (klik tombol sewa sekarang atau  https://www.assarent.co.id/rent), dan marketing ASSA Rent akan menghubungi Anda kembali.