Kenali Tanda-Tanda Kelelahan Saat Mengendarai Mobil

Categories: Berita.

Dengan segudang aktivitas yang dimiliki setiap orang, terlebih pergi bekerja tiap hari dan tidak boleh sampai telat datang ke kantor adalah hal lumrah yang dialami sebagian besar para pekerja. Tak jarang, ada yang rela bangun pagi-pagi sekali hanya untuk menghindari kemacetan di sejumlah titik. Bagi mereka yang sudah terbiasa menghadapi situasi seperti ini, terutama para pengemudi mobil pasti sudah memahami jam berapa mereka harus berangkat ke kantor menaiki mobil pribadinya atau dijemput menggunakan fasilitas mobil kantor.

Namun, berbeda jika Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh. Baik itu untuk keperluan meeting dengan client, kebutuhan personal ataupun liburan bersama keluarga, pasti akan ada fase di mana Anda merasa kelelahan karena sudah berkendara terlampau lama.

Jika tidak disadari secepatnya dan terlalu memaksakan diri, bisa jadi hal buruk bisa terjadi pada Anda. Oleh karena itu, kenali ciri-ciri kelelahan berkendara yang Anda alami.

1. Mata Terasa Berat & Sering Menguap

Asupan oksigen yang kurang masuk dalam tubuh ditambah dengan otot-otot yang mulai kaku karena terlalu lama berkendara bisa membuat Anda merasa ngantuk yang begitu hebat. Ini adalah salah satu ciri utama yang paling mudah dikenali. Apalagi jika sudah sampai sulit membuka mata/terasa sangat berat sekali, Anda harus langsung menepikan mobil dan beristirahat di tempat terdekat.

Ingat, keselamatan Anda adalah hal yang paling penting. Jangan memaksakan diri jika kondisi Anda sudah tidak kuat.

2. Cara Berkendara Anda Sudah Tidak Karuan

Rasa mengantuk yang Anda alami membuktikan bahwa Anda harus butuh istirahat segera. Jika tidak, semua refleks dalam tubuh akan bekerja tidak kauran. Kelelahan seperti ini sangatlah berbahaya jika tetap melanjutkan mengemudi. Anda bahkan tidak bisa memperkirakan jarak aman dengan kendaraan di depan Anda atau memperkirakan hal-hal yang terjadi di depan mata Anda, menggunakan rem yang selalu dadakan, menginjak pedal gas yang terlalu dalam, dll. Semua ini adalah bukti bahwa Anda mengalami kelelahan saat mengemudi.

3. Sulit Menegakan Kepala Bahkan Bisa Tertidur Walau Hanya Sebentar

Jika sudah sampai di tahap ini, maka Anda sudah sampai pada batas maksimal kemampuan Anda sendiri. Tahap ini adalah tahapan paling parah dan memungkinkan terjadinya kecelakaan di jalan. Bagaimana tidak, Anda bisa tertidur walau sedang mengemudi? Bagaimana Anda bisa mengerem ataupun melakukan refleks nantinya?

Lebih baik Anda datang terlambat daripada keselamatan yang dijadikan taruhannya. Apalagi jika Anda hanya berkendara seorang diri. Cobalah untuk tidur sejenak agar semua bagian tubuh Anda kembali normal. Jika sudah enakan, jangan lupa untuk minum air putih secukupnya. Kalau perlu, belilah juga kopi atau minum vitamin sebagai penambah stamina dan menjaga Anda agar tidak mudah mengantuk.

Jika Anda merasa belum mampu berkendara sendiri dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa mencoba mengajak teman ataupun menggunakan jasa sewa mobil yang telah dilengkapi dengan supir sehingga Anda bisa tetap aman selama perjalanan.

Comments

  1. Setuju min, yang terakhir itu yang paling ngeri klo kita udah ngalamin microsleep, tau2 tidur sebentar dan kita nggak sadar udah ketiduran, meski sebentar bisa fatal akibatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *