ASSA Rent - Perusahaan Rental & Sewa Mobil Terbesar di Indonesia

Berita & Promo

Tips Merawat Mobil yang Lama Tidak Dipakai Dampak WFH

Tips Merawat Mobil yang  Lama Tidak Dipakai Dampak WFH

Di masa Pandemi seperti ini, perawatan-perawatan sederhana terhadap mobil tetap harus dilakukan meskipun Anda jarang menggunakannya, Sekurang-kurangnya ada enam bentuk perawatan yang mesti dilakukan selama mobil ‘menganggur’ di garasi.

1. Panaskan Mobil
2. Angkat Wiper
3. Perhatikan Area Parkir
4. Jaga Kondisi Ban
5. Pasang Rem Parkir
6. Cuci Mobil

Meskipun Anda jarang menggunakan mobil di masa Pandemi karena harus menjalankan kewajiban bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), namun jangan sampai mobil Anda yang biasa ikut beraktifitas setiap hari menjadi terabaikan. Anda perlu juga tetap memperhatikan baik kondisi mesin maupun eksteriornya. Setidaknya Anda harus melakukan hal-hal seperti dibawah ini :

Panaskan mobil paling tidak satu sampai dua kali tiap pekan. Ini dilakukan untuk merawat dan menjaga daya yang tersimpan di dalam aki karena mobil yang tidak dipakai mengalami pengurangan daya aki sebesar 3 persen dari kapasitasnya tiap hari. Saat memanaskan mobil, atur posisi kendaraan agar asap tak langsung masuk ke dalam rumah.

Perhatikan tempat Anda menyimpan mobil. Jika berada di luar rumah atau mendapat cukup banyak paparan matahari secara langsung, angkat lah wiper.
Cara ini dapat mencegah wiper cepat rusak. Pasalnya, saat suhu panas, karet wiper akan lebih cepat rusak jika terus menempel pada permukaan kaca depan.

Kondisi area parkir juga dapat menentukan tampilan mobil Anda. Area luar rumah atau yang mendapat banyak sinar matahari secara langsung akan membuat cat mobil pudar serta kusam.
Jika terpaksa parkir di luar, setidaknya pastikan mobil menggunakan cover yang berkualitas bagus. Pastikan pula mobil masih dapat terpantau dan berikan tambahan kunci setir demi keamanan.

Tekanan angin dapat berkurang saat mobil diparkir dalam waktu lama, apalagi di garasi berlantai keramik. Karena itu, tambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari kondisi normal.
Tak cukup sampai di situ, pemilik kendaraan juga dianjurkan memaju-mundurkan kendaraan minimal seminggu sekali. Ini agar permukaan ban bertumpu merata sehingga kerusakan ban akibat deformasi dapat dicegah.

Demi keamanan, aktifkan rem tangan atau rem parkir meski tempat parkir ada pada bidang yang rata demi memastikan mobil tidak meluncur dengan sendirinya. Untuk transmisi otomatis, posisikan tuas di huruf ‘P’ (Parking).

Mencuci mobil secara rutin demi menjaga kebersihan serta keawetan sisi eksterior-interior mobil tak kalah penting. Ini juga dapat membuat mobil terbebas dari bakteri atau virus yang menempel. Cuci mobil minimal seminggu sekali.

Meskipun aktivitas belum kembali pulih seperti semula, namun jika Anda harus sesekali pergi ke kantor untuk bekerja, atau bepergian ke suatu tempat, ada baiknya menggunakan jasa rental mobil/ sewa mobil yang terpercaya dan menjaga protokol Covid-19 demi kenyamanan dan keamanan.