Berita & Promo

Mau Tahu Tempat Wisata Favorit Liburan Akhir Tahun

Mau Tahu Tempat Wisata Favorit Liburan Akhir Tahun

Akhir tahun sudah didepan mata, dan waktunya mulai memikirkan untuk mengajak keluarga atau orang-orang terkasih berlibur bersama di akhir tahun ini. Liburan esensinya adalah untuk menghilangkan kepenatan karena aktivitas bekerja sehari-hari, segala permasalahan hidup dan juga untuk mempererat lagi hubungan dengan seluruh anggota keluarga.

Berlibur itu tidak harus jauh, tapi harus dinikmati dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, agar Anda sekeluarga dapat menemukan kebahagiaan dan merasakan liburan itu sebagai suatu hal yang menyenangkan.

Begitu juga dengan persiapan untuk liburan itu sendiri, Anda harus mempersiapkan dengan sebaik mungkin, mulai dari kapan Anda akan berlibur, tempat yang akan dikunjungi untuk berlibur, transportasi apa yang akan digunakan untuk liburan tersebut, dan barang-barang apa sajakah yang perlu dibawa saat berlibur nanti. Seperti misalnya sarana transportasi untuk berlibur nanti, apakah Anda akan menggunakan kendaraan pribadi? atau lebih memilih untuk menggunakan jasa rental mobil/sewa mobil yang sekarang ini banyak ditemukan dan sudah banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia yang rasanya akan jauh lebih membantu memudahkan dalam berlibur.

Negara kita yang sangat kaya ini, juga memiliki banyak tujuan wisata andalan yang tidak kalah dengan obyek wisata diluar negeri, selain pemandangan alam yang menakjubkan, ragam wisata di Indonesia juga sangat kaya, mulai dari pegunungan, wisata bahari, wisata kuliner hingga wisata belanja. Anda tinggal memilih liburan seperti apa yang ingin dinikmati bersama keluarga. Untuk memudahkan memilih tempat liburan yang seru bersama keluarga, anda bisa pilih beberapa tempat wisata di beberapa kota dan ulasannya berikut ini :

  • Bandung

    Sebagai ibukota Propinsi Jawa Barat, Bandung memiliki banyak obyek wisata, baik wisata alam, kuliner, wisata belanja, budaya dan masih banyak lagi. Sebut saja Gunung Tangkuban Perahu, tempat ini merupakan salah satu situs wisata terkenal di Indonesia. Terletak di daerah Lembang, sekitar 20 kilometer di utara Kota Bandung, gunung yang bentuknya menyerupai perahu terbalik ini selalu padat pengunjung pada akhir pekan dan waktu liburan. Tangkuban perahu memiliki 2 kawah yang cukup terkenal, kawah paling besar dinamakan Kawah Ratu, berada di bagian atas situs wisata ini. Kawah kedua yang berada sekitar 1,2 Km dibawahnya dinamakan Kawah Domas, di kawah ini Anda dapat merebus telur hingga matang di air belerang yang mendidih di salah satu mata airnya.

    Selain itu nama Kawah Putih Ciwidey sudah tidak asing di kalangan pecinta alam. Kawah yang terletak di daerah Ciwidey sekitar 50 Km di selatan Bandung ini merupakan kawah vulkanik dengan tanah yang berwarna putih akibat kandungan belerang pada tanahnya tersebut. Airnya yang berwarna cerah dan terkadang berubah warna merupakan keunikan dari kawah itu sendiri.

    Ada juga Saung Angklung Udjo yang adalah merupakan tempat wisata budaya terkenal di Bandung. Ditempat yang menfokuskan diri pada pelestarian angklung ini di gelar pertunjukan rutin pentas seni yang terdiri dari orkestra angklung, tari topeng, helaran dan wayang golek. Saung Angklung Udjo mengenalkan lebih jauh seni dan budaya Sunda dengan alat musik yang terbuat dari bambu tersebut.

  • Surabaya

    Penat dengan hiruk pikuk kantor dan perkotaan? Yuk, nikmati rindangnya pepohonan di taman ini. Posisinya sangat strategis, yaitu berada di tengah kota, di Jalan Darmo, Wonokromo. Taman Bungkul sebenarnya adalah area wisata religi. Tempat ziarah ke makam Ki Ageng Supo atau Sunan Bungkul, salah satu ulama penyebar agama Islam. Namun, oleh pemerintah kota, lingkungan di sekitar kuburan dirapikan menjadi taman yang sangat menawan dengan fasilitas yang cukup komplet. Salah satu fasilitas yang ditawarkan tempat wisata di Surabaya ini adalah tempat bermain anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Tersedia pula arena bermain skateboard, BMX, dan jalur jogging. Pada bagian tengah, terdapat amfiteater terbuka bergaris tengah sepanjang 33 meter. Pada akhir pekan, di amfiteater ini sering digelar acara musik maupun pertunjukan menarik. Sarana taman juga semakin lengkap dengan adanya jaringan internet, keran air minum, dan penjaja beragam kuliner Surabaya yang tertata rapi.

    Posisinya berada di Kota Surabaya bagian timur laut. Sekitar 1 kilometer dari Pantai Kenjeran Lama. Biaya masuk ke kawasan pantai indah ini adalah seharga Rp. 15.000 per orang, sedangkan parkirnya Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 8.000 untuk motor. Dengan harga yang terjangkau tersebut, di tempat wisata di Surabaya ini kamu dapat melihat indahnya langit saat matahari terbit atau tenggelam, berenang, bermain pasir di pantai, serta menikmati bangunan berarsitektur khas Tiongkok. Ada beberapa bangunan wihara yang memiliki desain apik. Misalnya, bangunan Tian Ti yang merupakan replika Temple of Heaven di Tiongkok, replika Buddha Catur Muka di Thailand, Sanggar Agung yang memiliki desain perpaduan Bali dan Tiongkok, serta patung Dewi Kwan Im dengan tinggi sekitar 20 meter yang disertai patung naga.

  • Yogyakarta

    Yogyakarta bisa disebut sebagai salah satu destinasi wisata yang tak henti-hentinya berinovasi. Setiap tahun muncul tempat wisata baru yang menjadi daya tarik. Ke Jogja jangan cuma main ke Malioboro atau Pantai Parangtritis. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yang baru di Yogyakarta. Sekali-kali lupakan kerjaan penat di kantor. Biar agak santai, anda dapat berlibur di Glamping De’Loano, tempat wisata baru di Jogja yang lagi hits banget. Objek wisata satu ini terletak di tiga wilayah kabupaten, yakni Kulonprogo di Yogyakarta, Purworejo, dan Magelang.

    Glamping De’Lano ini mengusung konsep wisata alam dengan sejumlah spot yang mantap. Ada spot camping dan spot warna-warni yang instagenic dengan landscape hutan hijau yang menyegarkan. Ada 11 tenda eksklusif yang bisa kamu inapin di hutan pinus dengan lahan 309 hektar ini. Buat anda yang ingin menginap di perkemahan mewah ini per malamnya di bandrol dengan harga 400 ribu untuk tenda VIP berisi 2 orang dan 600 ribu untuk tenda yang bisa diisi 6 orang.

    Dikenal sebagai candi tertinggi yang ada di Yogyakarta membuat Candi Ijo cukup populer. Meski pengunjungnya tidak sebanyak Candi Borobudur, daya pikat Candi Ijo sangat sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta. Hiasan relief di dinding candi dibalut oleh cahaya khas sore hari sudah pasti akan membuat beban pikiran yang tertimbun selama ini hilang tanpa bekas. Ditambah dengan kesempatan untuk melihat landscape alami Yogyakarta, Anda akan merasa ingin terjebak pada momen tersebut selamanya. Jadi, jangan lupa untuk menyisakan satu slot kosong di rencana perjalanan untuk berkunjung ke Candi Ijo ini.

  • Medan

    Kota Medan dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia. Memiliki julukan sebagai kota multi etnis, Medan juga kerap menjadi destinasi wisata para pelancong, baik domestik dan mancanegara. Apalagi, ditunjang dengan beragamnya tempat wisata di Medan yang dapat dikunjungi para wisatawan. Tjong A Fie Mansion menjadi destinasi wisata wajib pertama yang harus Anda kunjungi selagi berada di Medan. Tempat wisata di Medan ini merupakan sebuah museum yang dulunya adalah bangunan rumah milik saudagar Tionghoa terkemuka bernama Tjong A Fie. Pada tahun 2009, rumah ini secara resmi dijadikan sebagai museum dan pengelolaannya dilakukan oleh keturunan Tjong A Fie.

    Tercatat, rumah ini mulai dibangun pada tahun 1895 dan selesai pada tahun 1900 dengan ukuran mencapai 8.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat total sebanyak 35 ruangan. Rumah ini hadir dengan menggunakan kombinasi antara unsur art deco, Tiongkok, serta Melayu. Konon, pembangunan rumah ini dilakukan dengan berdasarkan pada desain Cheong Fatt Tze Mansion yang ada di Penang, Malaysia.

    Tempat wisata di Medan berikutnya adalah museum satwa pertama di Asia Tenggara, yakni Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Di tempat wisata di Medan yang satu ini, Anda dapat menyaksikan keberadaan beragam jenis satwa hasil buruan yang telah diawetkan. Total, terdapat lebih dari 2.000 koleksi satwa yang dapat ditemukan di sini. Satwa-satwa tersebut diperoleh dari berbagai negara, baik yang berasal dari Asia, Afrika, atau Amerika. Jenis hewan yang diawetkan juga lengkap, mulai dari komodo, kambing gunung, harimau, hingga rusa.

    Berkunjung ke Gedung Lonsum, Anda juga direkomendasikan untuk tak melewatkan Kesawan Square. Lokasi Gedung Lonsum memang sangat berdekatan dengan tempat wisata di Medan yang satu ini. Di sini, wisatawan tak hanya bisa menemukan deretan gedung tua bersejarah, tapi ada pula beragam kafe instagramable yang bisa menjadi Selain itu, berkunjung ke tempat wisata ini pada malam hari juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Anda akan menjumpai keberadaan tenda-tenda yang menawarkan beragam jenis makanan. Ada menu halal, ada pula makanan nonhalal. Tanda untuk mengenali makanan tersebut pun mudah, yakni atribut warna biru untuk kuliner halal dan warna merah untuk menu nonhalal.

Tempat-tempat wisata tersebut rasanya sangat cocok untuk liburan akhir tahun Anda, selain memang lokasi yang mudah dijangkau, pemandangan alam yang menakjubkan juga biaya yang masih sangat terjangkau bagi kalangan masyarakat umum.

Untuk memaksimalkan kesan liburan Anda sekeluarga, ada baiknya menggunakan jasa sewa mobil / rental mobil sebagai sarana transportasi. Namun juga harus diperhatikan perusahaan penyeda jasa rent car yang berkualitas dan memiliki pelayanan profesional, seperti halnya ASSA Rent, dengan layanan yang sudah teruji dan unit kendaraan yang berkualitas, ASSA Rent juga telah hadir di 45 kota besar di Indonesia. Silakan hubungi solution center ASSA Rent di nomor 1500-369, atau isi form kebutuhan sewa dalam website ini (klik tombol sewa sekarang atau https://www.assarent.co.id/rent), dan marketing ASSA Rent akan menghubungi Anda kembali.