11 Juni 2012

Save The Earth, Save The Money

By: Ferry Budiman (Business Process Analyst)

Go green. Istilah ini tidak asing lagi di tengah maraknya isu global warming. Sedangkan dalam dunia bisnis, kita mengenal Cost Efficiency atau dalam lingkungan ASSA biasa disebut Cost Efficiency Program (CEP). Lantas apa hubungan go green dan CEP? Ternyata kedua hal tersebut dapat berkolaborasi saling melengkapi satu sama lain. Ibarat peribahasa sambil menyelam minum air, kita dapat menyelamatkan bumi sekaligus berperan serta dalam Cost Efficiency Program melalui hal-hal berikut ini:

 

1.      Hemat energi

Listrik merupakan sumber energi utama yang kita gunakan dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk  melakukan penghematan energi, matikan listrik bila tidak digunakan.

Contoh yang telah dilakukan di Head Office adalah mematikan listrik pada jam istirahat, dan pada malam hari lampu dan AC hanya dinyalakan bila ada permintaan lembur.

 

2.      Hemat kertas

Kertas merupakan elemen penting yang mendukung pekerjaan. Mulailah membudayakan gaya hidup paperless dengan memanfaatkan kertas bekas, atau gunakan softcopy.

Saat ini contoh program paperless yang telah dijalankan adalah peredaran SOP, IK, dan Formulir melalui internal file sharing, sehingga mudah diakses dan mengurangi tumpukan kertas yang tebal.

 

3.      Hemat air

Air merupakan zat yang paling dibutuhkan oleh makhluk hidup. Apa jadinya bumi kita kalau air menjadi langka. Kita harus bijak dalam menggunakan air, selalu ingat untuk menutup keran air.

Contoh penghematan air yang telah diterapkan di Pool Tipar Cakung dalam kegiatan cuci mobil adalah menggunakan Water Treatment Plan (WTP). Air yang digunakan adalah hasil daur ulang.

 

4.      Less emission = Fresh air & Happier Customer

Jangan jemu-jemu untuk selalu mengingatkan dan melakukan perawatan rutin kendaraan. Selain menghindari kerusakan, tentunya kita tidak mau kendaraan ASSA bertingkah seperti transportasi umum di Jakarta, sebagai penghasil asap tebal. Kendaraan yang prima dan ramah lingkungan akan memberikan kesan positif bagi pelanggan dan masyarakat.

 

5.      Penghijauan, tanam pohon buah-buahan

Pohon merupakan penghasil oksigen yang sekaligus dapat menambah unsur estetika. Tanamlah pohon yang dapat menghasilkan buah di tempat yang tepat dan pilihlah tanaman dengan perawatan yang mudah sehingga tidak mengganggu pekerjaan. Bila kita menanam pohon buah, pada saatnya nanti kita bisa menikmati buah gratis atau bahkan dapat dijual.

 

6.      Buanglah sampah pada tempatnya  => Recycle  => Ekstra Income

Mulailah membiasakan diri membuang sampah di tempat sampah yang tepat berdasarkan jenisnya. Selain mengurangi resiko banjir dan penyakit, ini juga berguna untuk memudahkan pemanfaatan/pengelolaannya. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk. Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) seperti kaleng, ban dan oli dapat dikumpulkan dan dipisahkan, lalu dijual kepada pihak yang berlisensi.

Mari berpartisipasi menyelamatkan Bumi kita ini. Mulai dari lingkup yang paling kecil dulu, di tempat kerja. Mulailah dari diri sendiri.

 

Sumber gambar (Reduce, Reuse, Recycle): http://www.nedlands.wa.gov.au


Luangkan waktu Anda 3 menit untuk mengisi survey ini dan dapatkan kesempatan untuk memiliki 1 unit Samsung Galaxy Tab.

PT Adi Sarana Armada Tbk

Gd. Graha Kirana Lt. 6

Jl. Yos Sudarso No. 88

Jakarta Utara 14350

Indonesia

Phone: (+6221) 441 8888 / 7591 1818

e-mail: sc@assarent.co.id 

www.assarent.co.id


Peta Lokasi Lihat di google maps